Description

Spread the love

Pembukaan Festival Sholawat Nusantara

 

Pembukaan Festival Sholawat Nusantara. Insya Alloh akan di hadiri Bapak Presiden Joko Widodo

24 Februari 2018.

Pukul 18.30

di Sentul International Convention Center bersama Presiden RI dan Hb. Lutfi.

 

Sholawat adalah pujian kepada Nabi Muhammad SAW. sebagai bentuk ta’zhim dan hubungan yang kuat antara umat dengan Nabinya. Bentuk sholawat yang dinyanyikan telah berkembang dalam berbagai ekspresi kultural di seluruh dunia, baik dalam keragaman tangga nada atau maqam, maupun penampilan,  yang semakin memperkuat ajaran Islam sebagai Rahmatan Lil Alamin. Bentuk-bentuk sholawat itu kemudian tumbuh dengan beraneka penamaan, seperti Barzanji, Burdah, Shimthu adh-Dhuror, dan lain sebagainya. Syairnya pun tidak terbatas pada bahasa Arab tetapi juga dengan menggunakan bahasa daerah dimana Islam berkembang.

Sholawat di Nusantara telah tumbuh sebelum negara Indonesia berdiri. Tempat berkembangnya adalah surau-surau, masjid, rumah-rumah, ataupun pengajian-pengajian. Bentuknya berakulturasi dengan budaya setempat. Gaya pembacaan sholawat di Jawa Tengah berbeda dengan pembacaan di Makasar atau Maluku, yang semakin memperkaya khasanah sholawat di nusantara. Kekayaan spiritual yang lahir dari rahim Islam dan budaya Nusantara ini harus senantiasa dilestarikan dan dikembangkan sebagai ciri khas budaya Islam Nusantara.

Dalam rangka menyemarakkan dan merawat beraneka bentuk sholawat nusantara serta mengenalkan kembali tradisi pembacaan Maulid Nabi Muhhammad SAW kepada masyarakat di seluruh kabupaten, kota bahkan di desa-desa di Indonesia, Rabithah Ma’ahid Islamiyyah Nahdlatul Ulama (RMI NU), bersama dengan DPP Ikhwanul Muballighin, Majelis Dzikir Ya Qowiyyu, dan Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh Mata Air (Lazizma) akan mengadakan Festival Sholawat Nusantara. Festival ini dimaksudkan untuk menjalin dan memperkuat tali silaturrahim antar masyarakat dan penduduk Indonesia pada umumnya dan ukhuwah Islamiyah-Nasionalisme sehingga terjalinnya hubungan harmonis dan dapat memperkokoh semangat nasionalisme untuk senantiasa menjaga kedaulatan NKRI.

Festival akan dibuka di Bogor tanggal 8 Desember 2017, yang akan diikuti dengan rangkaian kegiatan lomba sholawat secara berjenjang dari kecamatan, kabupaten, propinsi sampai tingkat nasional yang akan memuncak pada malam penganugerahan pemenang pada bulan Oktober 2018. Sholawat akan dimeriahkan dengan Orkestra Sholawat dengan konduktor Addie MS. dan paduan suara dari berbagai perguruan tinggi dan pesantren.

Tujuan

  • Membumikan kembali sholawat sebagai spirit pembangunan karakter bangsa yang berakhlaqul Karimah
  • Mengejawantahkan kembali nilai-nilai tradisi keislaman dank e Indonesiaan dalam masyarakat.
  • Meningkatkan kecintaan kepada tauladan umat Islam, Rasulullah Muhammad SAW dan memperkuat Ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Basyariah, dan Ukhuwah Wathaniyah.
  • Menjadikan sholawat sebagai media dakwah yang cinta damai dan anti kekerasan.
  • Menjadikan sarana dalam mencegah Radikalisme dan Ekstrimisme pada kalangan umat islam.

Festival sholawat Nusantara merupakan Rangkaian kegiatan sejak pembukaan festival sampai dengan Bulan  Oktober 2018. Festival akan melibatkan berbagai lapisan ditingkat kabupaten/kota sampai di tingkat nasional.

Location

Get directions

Contact

You must be logged in to see contact information.

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “Pembukaan Festival Sholawat Nusantara”

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Contact Listing Owner